Rabu, 26 Maret 2014

Ayo Menjadi Pemilih Cerdas!

Mesin Partai Politik sudah mulai dipanaskan. Jangan sampai kita, selaku pemuda, kalah panas dengan mereka.

Partai Politik sudah memulai ancang-ancang untuk menghadapi Pemilu 2014 yang akan dilaksanakan dua kali, yakni Pemilu untuk Legislatif pada tanggal 9 April dan Pemilu untuk badan Eksekutif pada 9 Juli. Strategi dari tiap Partai Politik sudah mulai di petakan. Strategi melalui pertemuan terbatas dan tatap muka dengan calon langsung, penyebaran alat kampanye, dan pemasangan alat peraga sebagai media kampanye sudah mulai di lakukan oleh tiap Partai Politik. Jelas, mesin dari tiap Partai Politik sudah mulai dipanaskan agar tak terlambat untuk “menjaring” suara di Pemilu 2014 nanti.



Lalu, bagaimana caranya yang notabene sebagai pemuda mempersiapkan diri menjelang Pemilu 2014 agar tak tertinggal?



Berikut ini adalah cara bagaimana kita sebagai pemuda dapat mempersiapkan diri dari awal jelang pelaksanaan Pemilu 2014:

 Pastikan namamu terdaftar sebagai pemilih untuk Pemilu 2014

Tahap ini merupakan persiapan yang paling dasar. Tentu untuk dapat memilih kita harus memastikan nama kita terdaftar dalam data yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini penting, mengingat memilih dalam pemilihan umum adalah hak bagi setiap Warga Negara Indonesia yang sudah memilik Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dengan namamu sudah terdaftar di KPU maka suaramu akan sah di Pemilu 2014. Untuk mengetahuinya bisa langsung akses di web data.kpu.go.id

Apabila sudah log-in di web data.kpu.go.id, masukkan nama lengkap di kotak pencarian dengan menyesuaikan dengan alamat lengkap kita berdasarkan data yang tercantum pada KTP. Mesin di web otomatis langsung mencari data kita. Nama kita akan tercantum jika kita sudah terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2014. Seperti inilah tampilan pada web nya:


Jadi, bagi kalian yang belum sempat melakukan cek, ayo buruan cek! :)


Setelah melakukan cek untuk nama kita resmi terdaftar di Daftar Pemilih Tetap bukan berarti langkah kita terhenti. Lalu, apa yang harus kita lakukan? Kepo calon legislatif (caleg) yang akan kita pilih! agar nantinya kita tidak salah pilih seperti memilih kucing dalam karung :)

Untuk melihat siapa-siapa calon representatif dari Yogyakarta untuk DPD dan DPR sebagai contoh bisa cek di http://t.co/NENfSoJYh9 dan http://t.co/gtxoleODwg

Dalam melihat siapa-siapa calon legislatif yang kita pilih, jangan lupa menyesuaikan daerah pemilihan sesuai dimana kita tinggal. Seperti contoh penulis terdaftar dalam daerah pemilihan (dapil) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masih asing dengan nama-nama calon tersebut? tenang. Masih ada internet dengan google dan social medianya. Kepo dengan cermat latar belakangnya. Coba cari tahu apa saja yang sudah dia lakukan sebelum mencalonkan diri sebagai representatif. Cermati juga visi-misi serta ideologi atau mungkin idealisme yang mereka usung.



Itu tadi sedikit langkah-langkah untuk menjadi pemilih cerdas dalam Pemilu 2014 ini. Jangan sampai kita justru terlambat panas dari mesin partai politik yang siap-siap menjaring suara dari kita semua. Satu hal, pastikan dirimu perhatian dan menggunakan hak kita sebagai Warga Negara Indonesia :)



Saya percaya bahwa perubahan itu datang dari hal yang paling kecil. Saya percaya perubahan untuk negara kita tercinta bisa dimulai dari memberikan suara kita pada pemilihan umum.


@aditmaulhas


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar